Kamis, 13 April 2017

HINDARI NOTEBOOK LEMOT DENGAN BANTUAN CCLEANER

HINDARI NOTEBOOK LEMOT DENGAN BANTUAN CCLEANER

Notebook atau komputer merupakan salah satu hasil teknologi yang paling dekat dengan kehidupan manusia, dalam setiap aktivitas manusia pada era modern ini tidak bisa lepas dari penggunaan notebook atau komputer, mereka menggunakannya untuk melakukan pekerjaan yang sifatnya administrasi, membuat suatu program, atau bahkan mereka menggunakannya untuk sarana hiburan seperti untuk mendengarkan musik, melihan video atau bahkan bermain game. Begitu seringnya manusia menggunakan notebook dalam aktivitas kehidupannya, maka sudah terbayang berapa banyak aplikasi yang berjalan pada saat mereka menggunakan notebook tersebut.
Hal yang paling mengganggu pada saat menggunkan notebook adalah ketika muncul penyakit yang sering kita sebut dengan istilah lemot.

Apakah lemot itu karena virus semata? Tentu jawabanya tidak semua notebook yang lemot disebabkan oleh virus. Faktor lain yang menyebabkan notebook lemot adalah karena kita lupa membereskan, merapikan, atau membersihkan aplikasi-aplikasi yang sudah dipergunakan. Ibarat kita membaca sebuah buku yang diaambil dari lemari, ketika kita mengambil buku tersebut dalam lemari buku yang tersusun rapi maka kita tidak akan lama mencari buku yang hendak kita baca, tetapi bila setelah membaca buku tersebut kita menyimpan buku kembali dalam posisi yang sembarangan maka kita akan kesulitan untuk mencari buku yang hendak dibaca, bahkan kita memerlukan waktu yang cukup lama untuk mencari bukunya tersebut. Selain itu pula bila lemari yang kita gunakan tidak pernah dirapikan dan dibersihkan tentu kondisi buku-buku yang ada di dalam lemari tersebut akan cepat rusak. Hal yang sama juga terjadi pada notebook kita, ketika kita sudah membuka aplikasi dan tidak dirapikan kembali maka akan mucul penyakit lemot, karena mesin notebook memerlukan waktu yang lama untuk mencari aplikasi yang hendak kita gunakan, atau bahkan file aplikasinya rusak karena jarang dibersihkan.
Oleh sebab itulah kita perlu merapikan aplikasi yang terdapat dalam notebook yang telah dibuka sebelumnya. Untuk lebih jelasnya mengapa notebook perlu di bersihkan atau dirawat yaitu sebagai berikut:
  • Komputer tidak cepat rusak
  • Komputer menjadi segar dan sehat (terhindar dari virus)
  • Pengguna lebih puas dalam mengoperasikannya
  • Pekerjaan menjadi tidak terhambat karena komputer menjadi tidak lemot
  • Dapat menghemat biaya, karena dengan perawatan yang rutin dan berkala notebook akan jarang diservis

Dalam proses perawatan harus dua hal yang perlu kita peratikan, yaitu perawatan pada perangkat kerasnya (Hardware), seperti membersihkan perangkat-perangkat tersebut dari debu, hidarkan koputer dari benda-benda cair yang dapat merusak, perhatikan daya listrik agar notebook atau komputer tidak mati secara mendadak karena kurangnya daya atau tegangan listrik. Selain perawatan pada perangkat keras, perawatan juga harus dilakukan pada perangkat lunaknnya (Software) caranya yaitu:
  • Melakukan back up data dan file-file yang penting
  • Melakukan clean up dengan menghapus file temporer, seperti recycle bin, history browser, dan lain-lain
  • Melakukan scandisk
  • Melakukan defragment file
  • Melakukan update anti virus secara berkala.

Dalam melakukan perawatan perangkat lunak (Software) notebook atau komputer di atas disebutkan bahwa kita hendaknya melakukan pembersihan file-file temporer, dimana file temporer tersebut akan mengganggu atau menghambat kelancaran proses kerja notebook. Untuk melakukan pembersihan tersebut kita dapat menggunakan software pembersih, salah satunya adalah Ccleaner.

CCleaner (sebelumnya Crap Cleaner) adalah fasilitas perangkat gratis yang digunakan untuk mengoptimalkan komputer dan membersihkan registry-nya. Salah satu fitur penting pada program ini adalah tersedianya perkakas untuk membersihkan cache yang ditinggalkan oleh program peramban saat berselancar di internet. Perkakas pelengkap (utility tools) pendamping sistem operasi ini memiliki ukuran yang sangat kecil, sehingga tidak membebani resource komputer saat beroperasi, namun hal ini dikompensasi dengan minimnya fitur yang tersedia jika dibandingkan dengan produk sejenis dengan lisensi berbayar.
Perangkat ini dikembangkan oleh perusahaan Piriform Ltd. dan didesain untuk beroperasi pada sistem Microsoft Windows dan Mac OS X 10.5. CCleaner disediakan gratis untuk para pengguna komputer, sehingga Piriform memerlukan donasi untuk mengembangkan program ini. CCleaner tersedia dalam 47 bahasa nasional berbagai negara di dunia dan rencananya untuk versi-versi yang akan datang akan ditambah lagi. Perangkat lunak ini memiliki 4 menu utama, yaitu Cleaner, Registry, Tools, dan Options.
Sebetulnya perlu kita ketahui terlebih dahulu, bahwa setiap kali kita menghidupkan dan menjalankan komputer, akan selalu menimbulkan sampah pada komputer tersebut. Setiap aplikasi yang  dibuka, setiap browser yang  digunakan untuk internetan, juga selalu menimbulkan history, sampah, dan cache. Jika semua itu terus ditimbun, akan membuat ruang hard disk di drive C menjadi penuh, atau membuat sistem operasi menjadi terganggu, dan akibatnya komputer menjadi lambat atau lemot.
Berikut adalah menu-menu utama yang terdapat dalam Ccleaner diantaranya:

1.       Cleaner
Fitur pertama ini adalah untuk membersihkan sampah-sampah serta file history dari sistem operasi dan dari aplikasi di dalam komputer. sampah itu muncul ketika kita membuka aplikasi yanga ada di dalam notebook atau komputer kita contohnya, mozilla firefox, google chrome dll, itu juga menimbulkan sampah, cache, dan file history yang perlu dibersihkan setiap saat.
2.      Registry
Fitur ini berfungsi untuk melakukan scan pada registry komputer Anda, untuk mencari registry yang eror dari sisa-sisa registry program aplikasi yang telah terhapus. Nah, setelah mendapatkan adanya masalah pada registry, ccleaner bisa Anda manfaatkan untuk memperbaikinya.
3.      Tools
Pada fitur yang ke tiga ini, terdapat beberapa sub fitur di dalamnya, yaitu:
-          Uninstal, yaitu untuk meng-uninstal atau menghapus program aplikasi yang telah terinstal di komputer Anda.
-          Start Up, yaitu fitur yang digunakan untuk mengatur aplikasi-aplikasi apa saja, yang terload saat start up windows berjalan.
-          System Restore, digunakan untuk menghapus "system restore point" pada windows. Perlu Anda ketahui bahwa dalam keadaan default, "system restore" (fitur windows) telah diaktifkan oleh windows. Nah, jika "system restore" ini diaktifkan, otomatis "system restore" tersebut akan melakukan back up secara berkala terhadap system komputer Anda.
-          Drive wiper, adalah fitur yang digunakan untuk membersihkan file-file yang telah terhapus, agar tidak bisa dikembalikan lagi menggunakan software recovery.
4.      Options
Pada bagian option ini, terdapat sub menu lagi. Salah satu yang akan saya jelaskan adalah fitur "cookies". Dengan adanya fitur ini, Anda dapat membersihkan Cookie yang berasal dari aplikasi browser Anda.

Dari fitur-fitur Ccleaner yang ada di atas, dapat tergambar simpelnya aplikasi ini, jadi aplikasi ini sangan mudah untuk digunakan terutama bagi pengguna notebook atau komputer yang masih dalam level pemula. Selain itu aplikasi ini juga buka aplikasi yang membutuhkan ruang penyimpanan memori yang besar, sehingga tidak akan membuat notebook anda menjadi lambat atau lemot karena kepenuhan memori yang digunakan.
Sudah saatnya kita memperhatikan notebook kita, jangan sampai kita memamfatkan suatu alat tetapi kita tidak tau cara merawatnya, karena ketika alat yang sering kita gunakan seperti notebook ini menglami kerusakan karena tidak dirawat dengan baik, maka kita sendiri yang akan merasakan dampak dari kerusakan alat tersebut, pekerjaan terganggu, biaya terkuras, atau bahkan kita menjadi tidak fokus terhadap urusan yang lain karena kita dipusingkan untuk memperbaiki notebook atau komputer kita yang rusak.



Referensi
Wikipedia (2015). Ccleaner. [Online]. Tersedia: https://id.wikipedia.org/wiki/CCleaner
Supangkat (2014). Fungsi Software Ccleaner Pada Komputer. [Online]. Tersedia: http://www.palucomputer.com/2014/08/fungsi-software-ccleaner-pada-komputer.html
Wahyu Rizky (2016). Keuntungan Melakukan Perawatan Berkala pada Komputer. [Online]. Tersedia: https://wahyurizkiock.wordpress.com/2016/04/14/keuntungan-melakukan-perawatan-berkala-pada-komputer/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar