Senin, 22 Mei 2017

MEMBUAT DIGITAL BOOK (E-BOOK) DENGAN 3D PAGEFLIP PROFESIONAL

MEMBUAT DIGITAL BOOK (E-BOOK) DENGAN 3D PAGEFLIP PROFESIONAL

Digital book adalah sebuah buku yang dikemas dalam bentuk digital yang bisa dibuka dalam aplikasi yang terdapat pada perangkat komputer atau pada smartphone. Buku cetak biasanya terdiri dari tumpukan kertas terikat bersama-sama berisi teks atau teks dan gambar, atau e-book yang berisi informasi digital, yang dapat mencakup teks, gambar, audio, video.
Tujuan dikembangkannya digital book adalah untuk beberapa fungsi diantaranya:
  • Memberikan kesempatan bagi pencipta konten untuk lebih mudah berbagi informasi dalam lebih menarik dan interaktif. Dengan membuat konten dalam bentuk digital, penulis tidak harus pergi ke penerbit untuk menerbitkan buku Anda. Dia hanya berkunjung ke salah satu toko buku secara online dan mendistribusikan buku Anda sendiri.
  • Informasi yang diberikan oleh Pertahanan.
  • Tidak seperti buku fisik, yang bisa rusak, hilang atau basah, buku digital sebagai data pada komputer dilindungi dari masalah ini. Jika data yang hilang, pengguna dapat dengan mudah menemukan pengganti baik dari internet atau meminta kembali ke produser buku. Lihat juga sejarah perkembangan Internet
  • Untuk mempermudah proses pemahaman.
  • Dalam perangkat lunak buku digital, guru dapat memberikan panduan khusus tentang materi, mencari kata-kata tertentu atau frase dalam materi, menampilkanfile multimedia (audio dan video) yang dapat diputar untuk memperkaya isi buku. Mereka membantu siswa memahami materi pendidikan yang lebih baik dan lebih cepat.

Karena digital book memiliki fungsi dan manfaat yang sangat besar, oleh sebab itu sudah banyak orang-orang mengembangkan atau membuat buku dalam bentuk digital book atau E-Learning. Pembuatan digital book atau E-Leraning bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa software, salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi 3d Pageflip Profesional.

Berikut adalah cara singkat pembuatan digital book atau E-Learning dengan aplikasi 3d Pageflip Profesional:
  1. Buat terlebih dahulu materi yang akan dibuat menjadi buku dalam aplikasi ms. word.
  2. File buku yang sebelumnya dibuat dalam ms.word kita rubah formatnya kedalam bentuk pdf. Salah satu caranya bisa dengan menggunakan aplikasi nitro.
  3. Bila sudah selesai merubah format dengan pdf. Langkah selanjutnya adalah buka aplikasi 3d Pageflip Profesional.
  4. Maka akan muncul tampilan aplikasi 3D PageFlip Pro sebagai berikut 
  5. Klik “Create New” (gbr) dan pilih project tipe “Magazine”.
  6. Klik “Select Template” jika kita ingin mengubah bahan ajar 3D yang akan dibuat. 
  7. Setelah klik “OK”.
  8. Klik “Browser” untuk mencari dan memilih file pdf yang ada di komputer kita untuk diubah menjadi  berbentuk 3D Page Flip Lalu pilih All pages dan klik import now.
  9. Setelah memilih file yang akan di buak digital book maka klik “Import Now”.
  10. Klik Edit Pages untuk mengedit/mengubah tampilan.
  11. Untuk menambah Sound, klik “Add Sound(s)”
  12. Untuk menambah video, klik “Add Movie(M)”
  13. Untuk menambah gambar, klik “Add Image(I)”
  14. Setelah selesai, langkah selanjutnya adalah klik “Apply Change”
  15. Mempublish bahan ajar 3D PageFlip
  16. Untuk mempublish bahan ajar 3D PageFlip dapat dilakukan dengan cara mengklik menu “Publish”.
  17. Setelah mengklik menu “Publish”Atur dimana output  3D itu akan disimpan dengan cara mengklik “Browse” dan berikan nama file,  Klik “Convert” jika pengaturan publish telah selesai.

Itulah cara singat untuk membuat digital book atau e-learning, tetapi harus diingat terlebih dahulu bahwa sebelum membuat digital book ini pastikan software pembuat digital booknya harus terinstal  terlebih dahulu dalam komputer anda.
Dengan adanya digital book atau e-learning ini diharapkan semua orang dapat meningkat nilai bacanya, karena digital book memberikan pengalaman yang baru yaitu bisa membaca buku dalam komputer atau dalam smartphone yang kita punya, selain itu dapat memudahkan kita untuk memaba buku yang diperlukan tanpa harus membeli atau berangkat ke perpustakaan.






Referensi.
Rifa.Ai. (2016). “Pembuatan E-Book dengan software 3D PageFlip Profesional”. [Online]. Tersedia: http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:http://rifaalkalena.blogspot.com/2016/03/mengenal-nitro-dan3d-pageflip.html
Serbaguna. (2016). “PROGRAMMER AND DESAINER”. [Online]. Tersedia: www.prodesainer.com/2016/07/pengertian-ebook-buku-digital-fungsi-tujuan-dan-format-ebook.html
Suniartie.Geni. (2016). “Membuat E-Book Dengan Nitro dan 3D Page Flip Profesional”. [Online]. Tersedia: http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:http://genisuniartie.blogspot.com/2016/03/mengenal-nitro-dan-3d-page-flip.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar