Senin, 27 Maret 2017

INTERNET DAN MANFAATNYA UNTUK GURU SD

INTERNET DAN MANFAATNYA UNTUK GURU SD

Pada hakikatnya manusia diberikan kemampuan untuk berfikir dalam proses memecahkan suatu permasalahan yang dialaminya. Hasil daya pemikiran manusia tersebut berupa suatu teknologi yang dapat membantu manusia dalam berbagai kegiatan yang dilakukan sehari-hari. Karena permasalahan manusia semakin bertambah, maka hal ini akan sejalan dengan bertambahnya atau berkembangnya teknologi sebagai hasil pemikiran manusia berupa suatu media untuk menuntaskan permasalahan tersebut. Jenis perkembangan teknologi tersebut salah satunya adalah internet.
Istilah internet sudah akrab di telinga kita. Internet termasuk teknologi yang dapat merubah wajah dunia. Hal ini karena kemunculan internet akan memicu kemajuan dibidang lainnya. Internet dapat memperlancar komunikasi diberbagai belahan dunia, mempermudah memperoleh ilmu pengetahuan atau informasi, serta dapat dijadikan sarana dalam bidang ekonomi.
Internet adalah sebuah jaringan komputer yang saling terhubung dengan menggunakan suatu sistem standar global transmission control protocol/internet protocol suite (TCP/IP) yang digunakan sebagai protokol pertukaran paket dalam melayani miliaran pengguna yang terdapat di seluruh dunia. Internet merupakan kependekan dari interconnected network.  Internet juga dapat diartikan sebagai jaringan komunikasi global yang terbuka dan menghubungkan jutaaan atau milyaran jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi misalnya telepon, satelit, dan sebagainya.

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan. Tetapi karena penggunaan internet ini dirasa akan memberikan manfaat tidak hanya dalam bidang militer, maka perkembangannya pun sudah merambah kepada bidang-bidang yang lainnya, hingga kita pada saat ini dapat menikmati layanan internet tersebut.
Internet yang sering disebut dengan jagad raya informasi menyajikan sekian banyak fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengguna internet. Fasilitas-fasilitas tersebut diantaranya WWW, Email, Mailing List, BBS, Chatting, Newsgroup, FTP, Gopher.
Selain fasilitas-fasilitas internet tersebut,  maka dapat dijelaskan manfaat dari penggunaan internet dalam berbagai bidang kegiatan manusia seharai-hari. Manfaat tersebut antaralain:
1.   Bidang pendidikan
Dengan adanya internet, bermacam-macam referensi, jurnal, maupun hasil penelitian yang dipublikasikan melalui internet tersedia dalam jumlah yang banyak. Sehingga memudahkan kita mencari informasi sebagai bahan mengerjakan tugas-tugas yang berkaitan dengan pendidikan. penggunaan internet juga memungkinkan diadakannya kegiatan belajar jarak jauh, karena sarana internet tidak mengenal batas geografis.


2.   Bidang keagamaan
Internet dijadikan sarana berdakwah maupun diskusi-diskusi keagamaan. Kegiatan pengumpulan zakat dan infak juga dapat dilaksanakan secara sepat.

3.   Bidang sosial
Internet memberikan kesempatan untuk kita bersosialisasi dan mencari sahabat. Kita dapat menjalin komunikasi dengan teman-teman diseluruh penjuru dunia dengan biaya yang relatif murah dan dalam waktu yang singkat.

4.   Bidang ekonomi dan bisnis
Kita dapat menggunakan fasilitas internet untuk melakukan kegiatan berbisnis, seperti mempromosikan suatu produk, menjual produk dan lainnya. Hal tersebut dapat mempermudah proses pemasaran dan memperkecil biaya produksi bagi pelaku bisnis, dan untuk konsumen memberikan kemudahan untuk memperoleh barang yang dia inginkan.

5.   Bidang hiburan
Internet juga berperan sebagai “Penghibur” bagi yang sedang gelisah atau galau memikirkan sesuatu. Kita bisa menghibur diri dengan mengakses jejaring sosial, mendengarkan musik, streaming video atau main game.

Manfaat Internet Untuk Guru SD

Dari uraian tentang internet di atas sudah dipaparkan bahwa manfaat internet salah satunya adalah dalam bidang pendidikan, maka dari itu akan sangat jelas bila internet akan memberikan manfaat yang begitu besar dalam bidang pendidikan di Sekolah Dasar, khususnya bagi guru SDnya sendiri. Manfaat tersebut diantaranya:
1.   Tempat mencari bahan materi
Akan sama seperti guru-guru pada jenjang pendidikan seperti SMP dan SMA, guru SD juga  menjadikan internet sebagai tempat mencari referensi tambahan dari materi yang akan disampaikan kepada siswa, agar materi tersebut berisi informasi yang lebih luas dan beragam.

2.   Tempat mencari media-media yang menarik.
Siswa SD memiliki karakteristik yang berbeda dengan tingkat SMP dan SMA. Ketika dalam proses pembelajaran siswa SD harus menekankan pada pengemasan materi yang menarik, hal itu dapat terbantu dengan pemanfaatan media. Media yang digukan contohnya gambar-gambar yang lucu, film-film kartun, tayangan animasi, dan gamar atau video yang menunjukan kenyataann yang benar terjadi, sehingga siswa mendapatkan gambaran materi yang benar-benar nyata, serta masih banyak media-media lain yang sering digunakan. Karena faktor keterbatasan dari guru untuk merancang media-media seperti itu maka dengan internetlah guru dapat terbantu mendapatkan media-media yang diperlukan dan sesuai dengan karakteristik perkembangan siswa.


3.   Tempat layanan administrasi
Guru selian mengajar, juga dituntut memenuhi syarat-syarat administrasi yang pelaporannya pada saat ini menggunakan fasilitas internet. Salah satunya seperti dapodik, dimana didalamnya berisi data-data dari pendidik dan data dari peserta didiknya, atau misalkan situs-situs lainnya untuk membantu guru memperoleh kelengkapan-kelengkapan syarat dirinya sebagai seorang pendidik, seperti untuk mendaftarkan agar memperoleh Peg ID atau NUPTK.

Itulah sekilas gambaran bagaimana pentingnya internet bagi seorang guru SD, mungkin masih banyak manfaat-manfaat lain yang dirasakan oleh masing-masing individu dari guru SD yang bersangkutan yang belum terdeskripsikan dalam paparan kali ini.



Referensi
Fungsiklopedia (2017). Tujuan, Manfaat dan Fungsi Internet. [Online]. Tersedia: http://www.fungsiklopedia.com/fungsi-internet/
Muhammad Zakaria (2017). Pengertian, Fungsi dan Manfaat Internet yang Perlu Anda Ketahui. [Online]. Tersedia: http://www.nesabamedia.com/pengertian-fungsi-dan-manfaat-internet-lengkap/
Wikipedia (2016). Internet. [Online]. Tersedia : https://id.wikipedia.org/wiki/Internet
Gambar :

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEge0y38gRfljDlVMXKnjcv9fy8PRXFfodH8zUVcLE50yU3fE3vooMcjWqApdX9tI6r01M1A3lc-EwwvSezPd39NaqvrzsfbD1H5xh7azHTbzhzh5lvU4o1CY2MBHz863unvEOs4s-BryPQ/s1600/internet1.jpg

1 komentar: