KOMPUTER
DAN PENDIDIK
Berbicara masalah pendidikan khususnya di
lingkungan sekolah, atau bahkan kita sering mendengarnya dengan istilah proses
pembelajaran, maka tidak akan lepas dari hal-hal seperti pendidik, peserta
didik, materi ajar, dan lain sebaginya hingga ada hal lain yaitu media
pembelajaran. Media pembelajaran adalah suatu alat penunjang pembelajaran yang
berfungsi membantu pendidik menyampaikan materi kepada peserta didik agar
materi tersebut lebih mudah untuk dipahami. Pada masa lampau media pembelajaran
dapat berupa benda-benda yang berada disekitar lingkungan dari peserta didik
itu sendiri, tetapi seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
maka sekarang kita mengenal komputer sebagai salah satu media yang dapat
menunjang proses pembelajaran. Tetapi sebelumnya, apa itu yang dimaksud dengan
komputer? menurut Hamacher “komputer adalah mesin penghitung elektronik yg
dengan cepat dapat menerima informasi input digital, memrosesnya sesuai dengan
program yg tersimpan di memorinya dan menghasilkan output informasi.”
Seperti gambar di atas inilah komputer jenis
pertama, yang penggunaanya adalah sebagi alat hitung. Kemapuan komputer pada
masa itu sangatlah terbatas, serta bentuknya pun sangat sulit untuk dibawa dan dipindahkan
kesembarang tempat. Akan tetapi dengan perkembangan ilmu pengetahuan manusia,
komputer pada masa modern ini menjadi alat yang mampu membantu segala macam
pekerjaan manusia sesuai dengan program yang telah disimpan di dalam memori
komputer tesebut. Oleh sebab itu ahli lain menelaskan banwa “komputer adalah
suatu alat elektronik yg mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input,
memroses input, menyimpan perintah-perintah dan menyediakan output dalam bentuk
informasi.” menurut Robert H. Blissmer. Komputer dapat menyediakan output dalam
bentuk informasi ini lah yang menjadi acuan bahwa sanya komputer dapat
dijadikan suatu media yang dapat pula menyampaikan informasi berupa materi
pembelajaran yang sebelumnya telah disimpan dalam memori programanya. Di bawah
ini adalah contoh-contoh komputer modern yang biasanya sering dijadikan oleh
seorang pendidik sebagai media dalam proses pembelajaran.
Selain berbicara mengenai media dalam proses
pembelajaran, juga ada seorang pendidik yang fungsi atau tugasnya menyampaikan
suatu informasi kepada peserta didiknya. Tetapi tidak hanya itu, seorang
pendidik yang baik haruslah dapat mengembangkan potensi yang ada pada diri
peserta didik dan membentuk peserta didik menjadi manusia yang berahlak mulia
serta berguna bagi lingkungna sekitar dia berada.
Menurut undang-undang No 14 tahun 2005 “Guru
adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing,
mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan
anak usia dini melalui jalur formal pendidikan dasar dan pendidikan menengah.” Pada
bab XI tentang pendidik dan tenaga kependidikan. Dijelaskan pada ayat 2 yakni “pendidik
merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses
pembelajaran. Hasil motivasi berprestasi, melakukan bimbingan dan pelatihan
serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat terutama bagi
pendidik pada perguruan tinggi.”
Selain menurut undang-undang di atas pengertian
seorang pendidik juga dikemukakan oleh Husnul Chotimah (2008) “Guru dalam
pegertian sederhana adalah orang yang memfasilitasi proses peralihan ilmu
pengetahuan dari sumber belajar ke peserta didik.”
Dari beberapa pengertian tentang apa itu
pendidik, maka dapat disimpulkan bahwa dalam usaha membentuk karakteristik dan
mengembangkan potensi peserta didiknya, seorang pendidik harus bisa mengemas
suatu pembelajaran yang memfasilitasi kemampuan peserta didik untuk berkembang,
fasilitas tersebut dapat diartikan sebagai media pembelajaran, dan komputer lah
salah satu media pembelajaran tersebut.
Begitu eratnya hubungan pendidik dengan komputer
pada era modern ini, tidak salah bila komputer memberikan dampak yang positif
bagi seorang pendidik langsung maupun bagi proses pembelajannya, antara lain:
1.
Motivasi belajar
peserta didik menjadi bertambah dengan adanya media komputer
2.
Pendidik bisa
mengemas pembelajaran yang lebih variatif dengan mengunakan media komputer.
3. Komputer bisa
memberikan cotoh-contoh yang kongkreet dalam pembelajaran, yang sebelumnya contoh
tersebut sulit diperlihatkan karena keterbatasan jarak, ruang, dan waktu.
4. Komputer bisa
mempermudah pekerjaan dari seorang pendidik, tidak hanya dalam mengemas
pembelajaran saja, tetapi komputer bisa dijadikan sebagai alat evaluasi,
ataupun alat untuk melengkapi administrasi dari seorang pendidik.
5. Komputer dapat
memfasilitasi proses belajar yang terjadi pada jarak yang jauh, sehingga
peserta didik dan pendidik dapat langsung berkomunikasi walaupun tempat mereka
berbeda.
Itulah sekilas keterkaitan komputer dengan seorang
pendidik, masih banyak lagi jenis-jenis manfaat yang diberikan oleh koputer
untuk seorang pendidik, baik itu kepada pendidiknya langsung ataupun kepada
peserta didik. Jadi pada era modern ini haruslah seorang pendidik mulai
memahami fungsi komputer dengan baik, agar proses pendidikan ataupun proses
bembelajaran di kelas dapat berjalan dengan lebih baik lagi.
Referensi
Dodik Heru Setiawan (2014). “Pengertian Guru
Menurut Pakar Pendidikan”. [Online]. Tersedia: http://zonainfosemua.blogspot.co.id/2014/03/pengertian-guru-menurut-pakar-pendidikan.html
Eka Fingkirani (2014). “Manfaat Komputer Bagi
Seorang Guru”. [Online]. Tersedia: http://ekafingkirani.blogspot.co.id/2014/10/manfaat-komputer-bagi-seorang-guru.html
Info Komputer Rakitan (2015). “Pengertian
Komputer Menurut Para Ahli”. [Online]. Tersedia: http://infokomputerrakitan.blogspot.co.id/2015/05/pengertian-komputer-menurut-para-ahli.html
menarik
BalasHapusmenarik....
BalasHapus