Rabu, 08 Maret 2017

KOMPUTER DAN PENDIDIK

KOMPUTER DAN PENDIDIK


Berbicara masalah pendidikan khususnya di lingkungan sekolah, atau bahkan kita sering mendengarnya dengan istilah proses pembelajaran, maka tidak akan lepas dari hal-hal seperti pendidik, peserta didik, materi ajar, dan lain sebaginya hingga ada hal lain yaitu media pembelajaran. Media pembelajaran adalah suatu alat penunjang pembelajaran yang berfungsi membantu pendidik menyampaikan materi kepada peserta didik agar materi tersebut lebih mudah untuk dipahami. Pada masa lampau media pembelajaran dapat berupa benda-benda yang berada disekitar lingkungan dari peserta didik itu sendiri, tetapi seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi maka sekarang kita mengenal komputer sebagai salah satu media yang dapat menunjang proses pembelajaran. Tetapi sebelumnya, apa itu yang dimaksud dengan komputer? menurut Hamacher “komputer adalah mesin penghitung elektronik yg dengan cepat dapat menerima informasi input digital, memrosesnya sesuai dengan program yg tersimpan di memorinya dan menghasilkan output informasi.”

Seperti gambar di atas inilah komputer jenis pertama, yang penggunaanya adalah sebagi alat hitung. Kemapuan komputer pada masa itu sangatlah terbatas, serta bentuknya pun sangat sulit untuk dibawa dan dipindahkan kesembarang tempat. Akan tetapi dengan perkembangan ilmu pengetahuan manusia, komputer pada masa modern ini menjadi alat yang mampu membantu segala macam pekerjaan manusia sesuai dengan program yang telah disimpan di dalam memori komputer tesebut. Oleh sebab itu ahli lain menelaskan banwa “komputer adalah suatu alat elektronik yg mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memroses input, menyimpan perintah-perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi.” menurut Robert H. Blissmer. Komputer dapat menyediakan output dalam bentuk informasi ini lah yang menjadi acuan bahwa sanya komputer dapat dijadikan suatu media yang dapat pula menyampaikan informasi berupa materi pembelajaran yang sebelumnya telah disimpan dalam memori programanya. Di bawah ini adalah contoh-contoh komputer modern yang biasanya sering dijadikan oleh seorang pendidik sebagai media dalam proses pembelajaran.

  Hasil gambar untuk komputer jaman modern

Selain berbicara mengenai media dalam proses pembelajaran, juga ada seorang pendidik yang fungsi atau tugasnya menyampaikan suatu informasi kepada peserta didiknya. Tetapi tidak hanya itu, seorang pendidik yang baik haruslah dapat mengembangkan potensi yang ada pada diri peserta didik dan membentuk peserta didik menjadi manusia yang berahlak mulia serta berguna bagi lingkungna sekitar dia berada.
Menurut undang-undang No 14 tahun 2005 “Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini melalui jalur formal pendidikan dasar dan pendidikan menengah.” Pada bab XI tentang pendidik dan tenaga kependidikan. Dijelaskan pada ayat 2 yakni “pendidik merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran. Hasil motivasi berprestasi, melakukan bimbingan dan pelatihan serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat terutama bagi pendidik pada perguruan tinggi.”
Selain menurut undang-undang di atas pengertian seorang pendidik juga dikemukakan oleh Husnul Chotimah (2008) “Guru dalam pegertian sederhana adalah orang yang memfasilitasi proses peralihan ilmu pengetahuan dari sumber belajar ke peserta didik.”
Dari beberapa pengertian tentang apa itu pendidik, maka dapat disimpulkan bahwa dalam usaha membentuk karakteristik dan mengembangkan potensi peserta didiknya, seorang pendidik harus bisa mengemas suatu pembelajaran yang memfasilitasi kemampuan peserta didik untuk berkembang, fasilitas tersebut dapat diartikan sebagai media pembelajaran, dan komputer lah salah satu media pembelajaran tersebut.
Begitu eratnya hubungan pendidik dengan komputer pada era modern ini, tidak salah bila komputer memberikan dampak yang positif bagi seorang pendidik langsung maupun bagi proses pembelajannya, antara lain:
1.        Motivasi belajar peserta didik menjadi bertambah dengan adanya media komputer
2.        Pendidik bisa mengemas pembelajaran yang lebih variatif dengan mengunakan media komputer.
3.    Komputer bisa memberikan cotoh-contoh yang kongkreet dalam pembelajaran, yang sebelumnya contoh tersebut sulit diperlihatkan karena keterbatasan jarak, ruang, dan waktu.
4.    Komputer bisa mempermudah pekerjaan dari seorang pendidik, tidak hanya dalam mengemas pembelajaran saja, tetapi komputer bisa dijadikan sebagai alat evaluasi, ataupun alat untuk melengkapi administrasi dari seorang pendidik.
5.   Komputer dapat memfasilitasi proses belajar yang terjadi pada jarak yang jauh, sehingga peserta didik dan pendidik dapat langsung berkomunikasi walaupun tempat mereka berbeda.
Itulah sekilas keterkaitan komputer dengan seorang pendidik, masih banyak lagi jenis-jenis manfaat yang diberikan oleh koputer untuk seorang pendidik, baik itu kepada pendidiknya langsung ataupun kepada peserta didik. Jadi pada era modern ini haruslah seorang pendidik mulai memahami fungsi komputer dengan baik, agar proses pendidikan ataupun proses bembelajaran di kelas dapat berjalan dengan lebih baik lagi.



Referensi
Dodik Heru Setiawan (2014). “Pengertian Guru Menurut Pakar Pendidikan”. [Online]. Tersedia: http://zonainfosemua.blogspot.co.id/2014/03/pengertian-guru-menurut-pakar-pendidikan.html
Eka Fingkirani (2014). “Manfaat Komputer Bagi Seorang Guru”. [Online]. Tersedia: http://ekafingkirani.blogspot.co.id/2014/10/manfaat-komputer-bagi-seorang-guru.html

Info Komputer Rakitan (2015). “Pengertian Komputer Menurut Para Ahli”. [Online]. Tersedia:  http://infokomputerrakitan.blogspot.co.id/2015/05/pengertian-komputer-menurut-para-ahli.html

2 komentar: