Selasa, 14 Maret 2017

SOFTWARE DAN HARDWARE

MICROSOFT OUTLOOK DAN HEATSINK

Dalam proses kerja komputer tidak lepas dari dua perangkat yang fungsinya saling berhubungan, diantaranya perangkat lunak (Software) dan perangkat keras (Hardware). Kedua perangkat ini tidak bisa dikesampingkan, karena bila salah satu dari perangkat ini tidak ada, maka jelas komputer tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya. Banyak sekali berbagai macam jenis software dan hadrware pada komputer, tetapi pada kesempatan ini saya hanya akan mencoba menguraikan salah satu contoh dari kedua perangkat tersebut, yaitu Ms. Outlook sebagai software dan Heatsink sebagai hardware. Berikut adalah uraian tentang kedua contoh dari jenis software dan hardware.


A.      Microsoft Outlook
Microsoft Outlook atau sering kita sebut Ms. Outlook adalah salah satu aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan Microsoft atau Microsoft Corporation. Ms. Outlook adalah sebuah aplikasi pengelola informasi pribadi dari Microsoft Office Suite. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk mengirim dan membaca surat elektronik (email). Meskipun begitu, aplikasi ini juga memiliki fungsi seperti catatan, jurnal, jadwal kerja dan kalender. Microsoft Outlook dapat menyediakan akses kotak surat, kalender, dan jadwal bersama jika dikombinasikan dengan Microsoft Exchange Server.

Dengan menggnuakan Ms. Outlook salah satu kelebihannya  kita juga mengelola lebih dari satu akun email. Jadi hanya dengan satu aplikasi, kita bisa membuka banyak email secara lebih cepat dan mudah.
Namun untuk melakukan hal tersebut, Anda harus mengkonfigurasi layanan pengelola email ini dengan benar, sehingga kita dapat mengirim dan menerima pesan di Outlook. Untuk itu, Anda juga harus memiliki informasi spesifik berikut tentang akun email agar dapat mengkonfigurasi Outlook secara manual.
Ms. Outlook ini terdiri dari 2 macam versi yaitu Microsoft Outlook dan Microsoft Outlook Express. Keduanya memiliki fungsi yang hampir sama, perbedaanya adalah Ms. Outlook Express merupakan versi kecil dari Outlook yang pertama kali dirilis dengan Windows 98. Aplikasi Microsoft Outlook ini tidak hanya bisa digunakan di PC/Komputer saja, melainkan disemua perangkat windows. Contohnya Outlook Mobile, yang dapat menghubungkan data Outlook ke smarthone.
Dari uraian di atas maka dapat di simpulakan beberapa fungsi dari Ms. Outlook, diantaranya:
  • Membaca email secara offline
  • Mengirim email dengan cepat karena di konfigurasikan
  • Memcadangkan email di PC
  • Melakukan penjadwalan
  • Untuk membuat dan mengatur adress book (buku alamat)

Selain fungsi tentang Ms. Outlook di atas, di bawah ini juga adalah penjabaran singkat tentang cara menggunkan e-mail dengan Ms. Outlook
  • Buatlah email terlebih dahulu di  situs outlook.com
  • Selanjutnya download aplikasi Microsoft Outlook.
  • Install aplikasinya di komputer
  • Buka lalu ikuti langkah langkahnya.
  • Kemudian login dengan menggunakan akun email yang telah dibuat sebelumnya.
  • Cek koneksi internet untuk mulai melogin.


B.      Heatsink
Heatsink merupakan perangkat keras (Hardware) yang terbuat dari logam dengan design yang khusus terbuat dari alumuniun dan juga tembaga yang berfungsi untuk memperluas proses transfer panas dari sebuah prosesor. Komponen dari CPU yang dipakai untuk menyerap panas, biasanya terbuat dari bahan aluminium. Penggunaan heatsink bertujuan meningkatkan performa kerja komputer.


Heatsink adalah salah satu komponen yang ada dalam CPU yang fungsinya untuk membantu proses pendinginan sebuah processor. Apabila Semakin luas permukaan perpindahan panas sebuah benda maka akan semakin cepat proses pendinginan benda tersebut. oleh karena itu heatsink ini sangatlah berguna untuk kinerja sebuah komputer.
Komponen dalam headsink, hampir semuanya termasuk perangkat yang terbuat dari bahan konduktor, dengan tujuan untuk dapat penyebarkan panas, berikut adalah komponen yang sering digunakan sebagai bahan heatsink:
  1. Silver/perak dan emas memiliki tingkat konduktivitas tertinggi tetapi dengan harga yang sangat mahal maka tidak dimungkinkan para produsen untuk membuat dan memasarkan produk pendingin dengan bahan dasar ini.
  2. Copper atau Tembaga memiliki konduktivitas tertinggi ke 2 sehingga penyerapan panasnya juga baik. Tembaga memiliki sifat menyerap panas dengan cepat tetapi tidak bisa melepaskan panas dengan cepat sehingga bisa terjadi penumpukan panas pada 1 tempat. Selain itu kekurangan yang menyertainya yaitu memiliki berat yang lebih besar dari pada aluminium, harga yang mahal, dan proses produksi yang rumit.
  3. Aluminium memiliki tingkat konduktivitas dibawah tembaga sehingga penyerapanya kurang sepurna, tetapi memiliki kemampuan terbalik dengan tembaga yaitu memiliki kemampuan melepas atau mengurai panas dengan baik tetapi bahan aluminium kurang baik dalam penyerapan panas dan memiliki harga yang lebih rendah dengan berat yang ringan.
  4. Penggabungan antara kedua material tersebut (Tembaga dan Alumunium) merupakan kombinasi yang sangat baik. Disatu sisi tembaga dapat menyerap panas dengan cepat dan dan disisi lain aluminium dapat melepaskan panas yang diserap oleh tembaga. Kombinasi ini digunakan oleh para produsen heatsink untuk memproduksi produk heatsink mereka dengan kombinasi 2 material pendingin ini.

Bahan yang paling sering digunakan untuk pembuatan heatsink ini adalah tembaga dan alumunium. Tentu ada alasannya, sebab kedua bahan ini adalah sangat baik untuk menyerap panas dan mendinginkannya.
Bahan tembaga memiliki konduktifitas tinggi, atau bahan yang bagus untuk menghantarkan panas. Namun, tembaga tidak bisa melepaskan panas dengan cepat jika dibanding alumunium. Sedangkan alumunium, bahan ini memiliki sifat menyerap panas yang lebih rendah dari tembaga, namun ia lebih cepat untuk melepaskan panas yang diserapnya.

Oleh karena itu dari kekurangan dan kelebihannya masing-masing, saya meihat ada beberapa heatsink yang dibuat atas gabungan dari dua bahan tersebut. Tentunya kinerja yang dihasilkan lebih baik, karena mengambil kelebihan tembaga yang cepat menyerap panas, dan kelebihan alumunium yang cepat mendinginkan panas.
Cara kerja headsink dalam mendinginkan CPU ketika digunakan adalah ketika komputer atau laptop dihidupkan, otomatis processor menjadi panas. Heatsink langsung menyerap panas dari processor dan menyebarkannya keseluruh bagian heatsink, lalu mendinginkan panas tersebut dengan bantuan van atau kipas pendingin yang terpasang di atasnya. Heatsink ini  bekerja pada saat proses penghasilan panas pada komputer bekerja, jika perangkat itu tidak menghasiklan panas maka heatsink pun tidak akan berputar.




Refesensi
Faiz Agil Wirawan (2015). Pengertian dan Fungsi Microsoft Outlook. [Online]. Tersedia: http://www.burung-net.com/2015/05/pengertian-dan-fungsi-microsoft-outlook.html

Irvan Yudha Andika (2016). Pengertian, Fungsi dan Penggunaan Microsoft Outlook. [Online]. Tersedia: http://indodigitalmedia.blogspot.co.id/2016/03/pengertian-fungsi-dan-penggunaan.html


Learning IT (2016). Heatsink, Penjelasan, fungsi, cara kerja, dan material. [Online]. Tersedia: https://cukupti.blogspot.co.id/2016/01/heatsink-penjelasan-fungsi-cara-kerja.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar