Selasa, 21 Maret 2017

MULTIMEDIA DAN GURU SD

MULTIMEDIA DAN GURU SD



A.      Multimedia
Dalam dunia pendidikan pada era saat ini tidak lepas dari penggunaan multimedia, dalam proses pembelajaran pun penggunaan multimedia sudah mulai dilihat banyak digunakan. Pada umumnya penggunaan multimedia dalam pembelajaran dijadikan sebagai media yang membantu guru untuk menyampaikan informasi berupa materi ajar kepada siswanya. Tetapi apa sebenarnya pengertian dari multimedia itu?
Pengertian Multimedia berasal  dari dua kata yaitu  multi dan media,yang memiliki arti Multi berarti banyak dan media berarti perantara. Dan jika digabungkan memilik pengertian Multimedia adalah gabungan  beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi atau pertunjukan yang menakjubkan. Dalam wikipedia dijelaskan bahwa multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika. Selain dari dunia informatika, multimedia juga diadopsi oleh dunia game, dan juga untuk membuat website. Sedangkan menurut Hofstetter (2001) menjelaskan bahwa multimedia adalah penggunaan komputer  untuk menampilkan informasi yang merupakan gabungan dari teks,  grafik, audio dan video sehingga membuat pengguna dapat bernavigasi,  berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi dengan komputer.

Dari uraian tentang multimedia di atas dapat disimpulkan bahwa multimedia menggabungkan beberapa komponen yang dikemas menjadi satu kesatuan yang utuh dan berkesinambungan. Berikut komponen-komponen dalam multimedia:
1.    Teks
Teks adalah simbol untuk menjelaskan bahasa lisan. Teks memiliki berbagai macam jenis bentuk atau tipe (sebagai contoh: Time New Roman, Arial, Comic San MS), ukuran dan wana. Satuan dari ukuran suatu teks terdiri darilength dan size. Length biasanya menyatakan banyaknya teks dalam sebuah kata atau halaman. Size menyatakan ukuran besar atau kecil suatu huruf. Standar teks memiliki size 10 atau 12 poin. Semakin besar size suatu huruf maka semakin tampak besar ukuran huruf tersebut
2.   Visual/Grafik
Visual adalah gambar atau tayangan yang didalamnya berisikan informasi yang dikemas dalam bentuk grafik. Grafik adalah suatu medium berbasis visual. Seluruh gambar dua dimensi adalah grafik. Apabila gambar di render dalam bentuk tiga dimensi (3D), maka tetap disajikan melalui medium dua dimensi. Hal ini termasuk gambar yang disajikan lewat kertas, televisi ataupun layar monitor. Grafik bisa saja menyajikan kenyataan (reality) atau hanya berbentuk iconic. Grafik terdiri dari gambar diam dan gambar bergerak. Contoh dari gambar diam yaitu foto, gambar digital, lukisan, dan poster. Gambar diam biasa diukur berdasarkan size(sering disebut juga canvas size) dan resolusi. Contoh dari gambar bergerak adalah animasi, video dan film. Selain bisa diukur dengan menggunakan size dan resolusi, gambar bergerak juga memiliki durasi.
3.   Audio
Audio atau medium berbasis suara adalah segala sesuatu yang bisa didengar dengan menggunakan indera pendengaran.  Audio ini adalah salah satu unsur yang didalamnya menyimpan berbagai informasi untuk disampaikan kepada orang lain. Contohnya narasi, lagu, sound effect, back sound.
Penggabungan tiga komponen tersebut biasanya terdapat dalam alat-alat elektronik seperti televisi, handphone, radio, layar monitor, dan lain sebagainya, akan tetapi alat multimedia yang dapat menggabungkan ketiga komponen tersebut dan sering digunakan dalam dunia pendidikan ataupun dalam proses pembelajaran adalah komputer. komputer dirasa lebih mudah digunakan untuk membuat rancangan pembelajaran multimedia, karena dalam komputer terdapat software-software yang bisa digunakan untuk membuat media pembelajaran mulitimedia tersebut.
B.      Peranan Multimedia untuk Guru SD
Dalam proses pembelajaran yang menggunakan multimedia peran serta guru sangat penting disini, guru harus memiliki kompetensi untuk bisa menggabungkan ketiga komponen-komponen tersebut. Komponen-komponen tersebut harus dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi satu kesatuan yang didalamnya mengandung informasi berupa materi ajar yang akan disampikan kepada siswa, selain itu harus diperhatikan unsur kejelasan ddan kemenarikan dalam mengemas materi ajar  tersebut. Dua hal itu tidak boleh dikesampingkan, karena informasi atau materi ajar dapat lebih mudah diterima oleh seseorang siswa bila informasi tersebut jelas dan menarik.


Manfaat multimedia dalam pendiidikan atau dalam pembelajaran sangat beragam sekali, diantaranya :
  • Membuat siswa mengerti isi pelajaran
  • Membuat siswa mengingat dengan mudah tentang isi pelajaran
  • Sebagai alat menyampaikan isi pelajaran dengan canggih dan berkesan
  • Menjadi salah satu sumber pengetahuan, sehingga dalam proses pembelajaran bukan guru menjadi satu-satunya sumber pengetahuan.
  • Membuat terjadinya interaksi antara siswa dengan teknologi terkini
  • Membuat proses belajar dan mengajar menjadi lebih menyenangkan
  • Menyusun  gaya pembelajaran yang berbeda
  • Multimedia membuat pembelajaran kooperatif dan interaktif di antara siswa melalui diskusi
  • Multimedia memudahkan pembelajaran yang berasaskan konstruktivisme.

Bila melihat manfaat di atas, penggunaan multimedia bagi seorang guru SD sangat membantu sekali, karena pembelajarn di SD itu sangat memerlukan suasana belajar yang menyenangkan dan benar-benar kongkret, dalam artian ini seorang guru ketika akan mengenjelaskan materi atau memberikan contoh dari isi materi tersebut contohnya harus benar-benar kongkret. Menurut teori perkembangan kognitif Piaget bahwa siswa SD yang rata-rata usianya antara 7-11 tahun berada pada tahap operasi konkret, dimana siswa mengembangkan kemampuan untuk bernalar logis dan memahami konservasi, tetapi hanya dapat menggunakan kedua kemampuan ini dalam menghadapi situasi yang tidak asing lagi, situasi yang benar-benar terasa atau terlihat langsung oleh siswanya. Oleh sebab itu maka akan sangat tepat bila multimedia digunakan oleh guru SD dalam pembelajaran yang akan dia lakukan. Dimana guru dapat memberikan contoh yang nyata  baik itu contoh berupa gambar, tau pun situasi yang menggambarkan isi materi, melalui hal tersebut siswa akan lebih memahami dan mengerti apa yang guru sampaikan, dari pada pemberian contoh hanya melalui cerita-cerita yang diucapkan oleh guru.
Selain untuk memberikan contoh yang kongkret atau rill, penggunaan multimedia  juga dapat digunakan untuk mengemas materi dengan menarik, salah satu caranya dengan pemilihan jenis huruf atau warna yang disukai oleh siswa usia SD, atau pun pemberian animasi yang dapat pula menarik perhatian siswa. Tetapi jangan sampai lupa bawha materi yang dikemas jangan hanya menarik dari tanpilan saja, tetapi isi atau konten materi yang hendak disampaikan harus jelas pula, sehingga siswa dapat memahami isi materinya dengan mudah dan materinya tidak mudah untuk dilupakan, karena dalam proses pembelajaran dengan menggunakan multimedia dapat memberikan pengalaman belajar yang berbeda dan lebih menari daripada proses pembelajaran yang sebelumnya.



Referensi
Ari Syaputra (2013). Pengertian Multimedia dan Contohnya. [Online]. Tersedia: http://2ti1.blogspot.co.id/2013/09/pengertian-multimedia-dan-contohnya.html
Misbari Umsida (2014). Fase-Fase Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar. [Online]. Tersedia: http://misbariumsida.blogspot.co.id/2014/01/fase-fase-perkembangan-anak-sekolah.html
Mohamad Iqbal (2012). Semua Tentang Multimedia. [Online]. Tersedia: http://multimediaang9.blogspot.co.id/2012/12/manfaat-multimedia.html
Tia Soyan Hidayat (2015). Pengertian Multimedia Menurut Para Ahli. [Online]. Tersedia: http://tia-sopyan.blogspot.co.id/2015/02/pengertian-multimedia-menurut-para-ahli.html

Wikipedia (2015). Multimedia. [Online]. Tersedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Multimedia 

1 komentar: