MULTIMEDIA DAN GURU SD
A.
Multimedia
Dalam dunia pendidikan pada era
saat ini tidak lepas dari penggunaan multimedia, dalam proses pembelajaran pun
penggunaan multimedia sudah mulai dilihat banyak digunakan. Pada umumnya
penggunaan multimedia dalam pembelajaran dijadikan sebagai media yang membantu
guru untuk menyampaikan informasi berupa materi ajar kepada siswanya. Tetapi
apa sebenarnya pengertian dari multimedia itu?
Pengertian
Multimedia berasal dari dua kata
yaitu multi dan media,yang memiliki arti
Multi berarti banyak dan media berarti perantara. Dan jika digabungkan memilik
pengertian Multimedia adalah gabungan
beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan animasi yang
menghasilkan presentasi atau pertunjukan yang menakjubkan. Dalam wikipedia
dijelaskan bahwa multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan
menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu
(tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi,
berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam
dunia informatika. Selain dari dunia informatika, multimedia juga diadopsi oleh
dunia game, dan juga untuk membuat website. Sedangkan menurut Hofstetter (2001)
menjelaskan bahwa multimedia adalah penggunaan komputer untuk menampilkan informasi yang merupakan
gabungan dari teks, grafik, audio dan
video sehingga membuat pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi
dengan komputer.
Dari
uraian tentang multimedia di atas dapat disimpulkan bahwa multimedia
menggabungkan beberapa komponen yang dikemas menjadi satu kesatuan yang utuh
dan berkesinambungan. Berikut komponen-komponen dalam multimedia:
1.
Teks
Teks adalah simbol untuk
menjelaskan bahasa lisan. Teks memiliki berbagai macam jenis bentuk atau tipe
(sebagai contoh: Time New Roman, Arial, Comic San MS), ukuran dan wana. Satuan
dari ukuran suatu teks terdiri darilength dan size. Length biasanya menyatakan
banyaknya teks dalam sebuah kata atau halaman. Size menyatakan ukuran besar atau
kecil suatu huruf. Standar teks memiliki size 10 atau 12 poin. Semakin besar
size suatu huruf maka semakin tampak besar ukuran huruf tersebut
2.
Visual/Grafik
Visual adalah gambar atau
tayangan yang didalamnya berisikan informasi yang dikemas dalam bentuk grafik. Grafik
adalah suatu medium berbasis visual. Seluruh gambar dua dimensi adalah grafik.
Apabila gambar di render dalam bentuk tiga dimensi (3D), maka tetap disajikan
melalui medium dua dimensi. Hal ini termasuk gambar yang disajikan lewat
kertas, televisi ataupun layar monitor. Grafik bisa saja menyajikan kenyataan
(reality) atau hanya berbentuk iconic. Grafik terdiri dari gambar diam dan
gambar bergerak. Contoh dari gambar diam yaitu foto, gambar digital, lukisan,
dan poster. Gambar diam biasa diukur berdasarkan size(sering disebut juga
canvas size) dan resolusi. Contoh dari gambar bergerak adalah animasi, video
dan film. Selain bisa diukur dengan menggunakan size dan resolusi, gambar
bergerak juga memiliki durasi.
3.
Audio
Audio atau medium berbasis suara adalah
segala sesuatu yang bisa didengar dengan menggunakan indera pendengaran. Audio ini adalah salah satu unsur yang
didalamnya menyimpan berbagai informasi untuk disampaikan kepada orang lain.
Contohnya narasi, lagu, sound effect, back sound.
Penggabungan
tiga komponen tersebut biasanya terdapat dalam alat-alat elektronik seperti
televisi, handphone, radio, layar monitor, dan lain sebagainya, akan tetapi
alat multimedia yang dapat menggabungkan ketiga komponen tersebut dan sering
digunakan dalam dunia pendidikan ataupun dalam proses pembelajaran adalah
komputer. komputer dirasa lebih mudah digunakan untuk membuat rancangan
pembelajaran multimedia, karena dalam komputer terdapat software-software yang
bisa digunakan untuk membuat media pembelajaran mulitimedia tersebut.
B.
Peranan
Multimedia untuk Guru SD
Dalam proses pembelajaran yang
menggunakan multimedia peran serta guru sangat penting disini, guru harus
memiliki kompetensi untuk bisa menggabungkan ketiga komponen-komponen tersebut.
Komponen-komponen tersebut harus dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi satu
kesatuan yang didalamnya mengandung informasi berupa materi ajar yang akan
disampikan kepada siswa, selain itu harus diperhatikan unsur kejelasan ddan
kemenarikan dalam mengemas materi ajar tersebut. Dua hal itu tidak boleh
dikesampingkan, karena informasi atau materi ajar dapat lebih mudah diterima
oleh seseorang siswa bila informasi tersebut jelas dan menarik.
Manfaat
multimedia dalam pendiidikan atau dalam pembelajaran sangat beragam sekali,
diantaranya :
- Membuat siswa mengerti isi pelajaran
- Membuat siswa mengingat dengan mudah tentang isi pelajaran
- Sebagai alat menyampaikan isi pelajaran dengan canggih dan berkesan
- Menjadi salah satu sumber pengetahuan, sehingga dalam proses pembelajaran bukan guru menjadi satu-satunya sumber pengetahuan.
- Membuat terjadinya interaksi antara siswa dengan teknologi terkini
- Membuat proses belajar dan mengajar menjadi lebih menyenangkan
- Menyusun gaya pembelajaran yang berbeda
- Multimedia membuat pembelajaran kooperatif dan interaktif di antara siswa melalui diskusi
- Multimedia memudahkan pembelajaran yang berasaskan konstruktivisme.
Bila
melihat manfaat di atas, penggunaan multimedia bagi seorang guru SD sangat
membantu sekali, karena pembelajarn di SD itu sangat memerlukan suasana belajar
yang menyenangkan dan benar-benar kongkret, dalam artian ini seorang guru
ketika akan mengenjelaskan materi atau memberikan contoh dari isi materi
tersebut contohnya harus benar-benar kongkret. Menurut teori perkembangan kognitif
Piaget bahwa siswa SD yang rata-rata usianya antara 7-11 tahun berada pada
tahap operasi konkret, dimana siswa mengembangkan kemampuan untuk bernalar
logis dan memahami konservasi, tetapi hanya dapat menggunakan kedua kemampuan
ini dalam menghadapi situasi yang tidak asing lagi, situasi yang benar-benar
terasa atau terlihat langsung oleh siswanya. Oleh sebab itu maka akan sangat
tepat bila multimedia digunakan oleh guru SD dalam pembelajaran yang akan dia
lakukan. Dimana guru dapat memberikan contoh yang nyata baik itu contoh berupa gambar, tau pun
situasi yang menggambarkan isi materi, melalui hal tersebut siswa akan lebih
memahami dan mengerti apa yang guru sampaikan, dari pada pemberian contoh hanya
melalui cerita-cerita yang diucapkan oleh guru.
Selain
untuk memberikan contoh yang kongkret atau rill, penggunaan multimedia juga dapat digunakan untuk mengemas materi
dengan menarik, salah satu caranya dengan pemilihan jenis huruf atau warna yang
disukai oleh siswa usia SD, atau pun pemberian animasi yang dapat pula menarik
perhatian siswa. Tetapi jangan sampai lupa bawha materi yang dikemas jangan
hanya menarik dari tanpilan saja, tetapi isi atau konten materi yang hendak
disampaikan harus jelas pula, sehingga siswa dapat memahami isi materinya
dengan mudah dan materinya tidak mudah untuk dilupakan, karena dalam proses
pembelajaran dengan menggunakan multimedia dapat memberikan pengalaman belajar
yang berbeda dan lebih menari daripada proses pembelajaran yang sebelumnya.
Referensi
Ari Syaputra
(2013). Pengertian Multimedia dan Contohnya. [Online]. Tersedia: http://2ti1.blogspot.co.id/2013/09/pengertian-multimedia-dan-contohnya.html
Misbari
Umsida (2014). Fase-Fase Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar. [Online].
Tersedia: http://misbariumsida.blogspot.co.id/2014/01/fase-fase-perkembangan-anak-sekolah.html
Mohamad
Iqbal (2012). Semua Tentang Multimedia. [Online]. Tersedia: http://multimediaang9.blogspot.co.id/2012/12/manfaat-multimedia.html
Tia
Soyan Hidayat (2015). Pengertian Multimedia Menurut Para Ahli. [Online].
Tersedia: http://tia-sopyan.blogspot.co.id/2015/02/pengertian-multimedia-menurut-para-ahli.html
Kerennnlahhh....lanjut oommmm
BalasHapus